2 Manfaat Penting Pembelajaran Bahasa Asing Bagi Pengembangan Diri dan Karir Anda

language learning photo
Photo by ijiwaru jimbo

Banyak orang yang suka belajar bahasa atau ingin belajar bahasa dan menggunakan keterampilan berbahasanya dalam suatu pekerjaan.

Dalam perekonomian global sekarang ini tuntutan akan keterampilan berbahasa terus tumbuh seiring dengan terjalinnya hubungan antara pemerintah, usaha dan organisasi dengan kepentingan asing.

Belajar bahasa sangat bermanfaat bagi pekerjaan dan karir Anda untuk dua alasan;

1) menawarkan mereka yang berkarir mapan kesempatan untuk maju baik dengan mendapatkan promosi atau perjalanan dan pengalaman internasional, dan

2) membuka pintu bagi karir dan peluang pekerjaan baru.

Artikel ini akan mengulas berbagai pekerjaan yang dapat ditawarkan oleh pembelajaran bahasa.

Organisasi Internasional

Organisasi internasional seperti PBB, Organisasi Perdagangan Dunia, Palang Merah, dan Amnesty Internasional akan selalu memerlukan orang-orang dengan keterampilan berbahasa untuk berbagai pekerjaan dari pekerjaan administrasi hingga manajemen. Sebagian besarnya akan membutuhkan keterampilan lintas bahasa plus banyak penutur dalam bahasa internasional utama seperti bahasa Inggris, Perancis, Spanyol dan Arab.

Dinas Asing

Pemerintah nasional membutuhkan sejumlah besar penutur bahasa asing untuk departemen Dinas Asing mereka. Bekerja untuk Dinas Asing bisa berarti tinggal dan bekerja di luar negeri di kedutaan besar, bekerjasama dengan rekan-rekan di negara lian, mendengarkan laporan intelijen dalam bahasa asing dan menerjemahkannya dan melakukan riset dalam bahasa asing.

 

Dinas Asing biasanya sulit ditembus; namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa keterampilan berbahasa dapat meningkatkan profil pelamar.

Industri Perjalanan, Pariwisata dan Perhotelan

Berbicara bahasa asing menjadikan Anda kandidat yang baik untuk posisi di dalam industri pariwisata dan perhotelan.

Banyak perusahaan mengirimkan staf untuk menempati kantor lokal di luar negeri, yang berarti penutur bahasa asing sangat diperlukan. Selain itu, sifat alami dari perusahaan tersebut biasanya berarti bahwa mereka memiliki kehadiran global dan staf dengan keterampilan berbahasa sangat penting bagi operasional sehari-hari dan ekspansi mereka di masa depan.

Bahkan di dalam negeri, dimana hotel, kompleks rekreasi, restoran menerima sejumlah besar pengunjung asing, penutur bahasa asing diperlukan untuk memberikan layanan pelanggan yang baik.

Penerjemahan Tulisan & Penerjemahan Lisan

Setelah keterampilan berbahasa mencapai tingkat yang baik, penerjemahan tulisan resmi  dan penerjemahan lisan resmi menjadi pilihan.

Penerjemah berurusan dengan materi tertulis dan biasanya menerjemahkan teks dari bahasa sumber kedalam bahasa aslinya sendiri. Penerjemah biasanya membutuhkan kualifikasi atau akreditasi, namun setelah hal ini tercapai, Anda akan mudah untuk mendaftarkan diri di sejumlah agensi penerjemahan resmi yang melimpahkan pekerjaan kepada tenaga lepas. Setelah beberapa waktu, banyak penerjemah resmi yang mengkhususkan diri di bidang tertentu seperti perangkat lunak, hukum atau ilmu sosial.

Demikian pula halnya dengan penerjemah lisan resmiyang berurusan dengan bahasa lisan, juga membutuhkan kualifikasi dan yang paling penting pengalaman. Penerjemah lisan juga dapat mendaftarkan diri di agensi yang memakainya untuk proyek penerjemahan lisan resmi. Penerjemah lisan bekerja dengan dua cara:

 

1) Simultan - penerjemah lisan resmi menerjemahkan dalam waktu nyata seperti dalam konferensi.

2) Konsekutif - penerjemah lisan resmi mendengarkan bagian dari ujaran, menunggu penutur berhenti sejenak, kemudian menerjemahkan seperti dalam rapat bisnis.

Mengajar

Kebanyakan penutur bahasa asing menjadi pengajar. Mengajar tidak hanya memberikan kesempatan untuk meneruskan pengetahuan tentang suatu bahasa, namun juga mempraktekkannya secara konstan.

Pengajar dapat bekerja di berbagai lembaga berbeda seperti sekolah bahasa swasta atau sekolah negeri. Bahasa diajarkan kepada beragam kelompok usia dari taman kanak-kanak hingga dewasa. Setelah pengajar mengembangkan keterampilannya, ia juga dapat memperoleh lebih banyak kualifikasi dan/atau mengkhususkan diri di bidang seperti Bahasa Perancis atau Spanyol untuk Bisnis dan hukum.

Semua contoh pekerjaan di atas hanyalah beberapa kemungkinan yang terbuka bagi penutur bahasa asing. Keanekaragaman tersebut menunjukkan kenyataan bahwa mempelajari bahasa membuka banyak pintu bagi pekerjaan dan pengembangan karir. Jadi jika Anda ingin memajukan karir Anda atau mempertimbangkan jenis pekerjaan baru, mengapa tidak mempertimbangkan untuk mempelajari suatu bahasa baru?

One Simple Method to Learn Any Language | Scott Young & Vat Jaiswal | TEDxEastsidePrep

While few of us will ever take on the ambitious challenge of learning four foreign languages in a year, many of us yearn to be more proficient in another ...

No Comments

Leave a Reply

Hubungi Kami
Arah Jalan
%d bloggers like this: